Cintai aku

Rabu, 07 November 2018

Mandi Juga Punya Manfaat Untuk Kesehatan Mental

28 Des 2016, 15:00

  • share line
  • share bbm
Mandi Juga Punya Manfaat Untuk Kesehatan Mental
Sebagian besar orang Indonesia mandi dua kali sehari. Di pagi hari atau sebelum beraktivitas dan begitu tiba di rumah, biasanya sore atau malam hari.
Selama ini manfaat mandi yang banyak diketahui hanyalah untuk kebersihan, namun studi mengungkap, mandi juga punya manfaat lain.
Studi menunjukkan, beda waktu mandi beda manfaatnya bagi kesehatan mental seseorang.
Diketahui, mandi di pagi hari bisa memicu kreativitas dan baik untuk kesehatan mental pekerja yang stres. Sementara mandi di malam hari bisa membantu mengantar tubuh bersiap tidur.
Alasannya?
Psikolog dari Harvard University, Amerika Serikat, Dr Shelley Carson mengatakan, mandi di pagi hari bisa membantu tubuh merasa tenang sekaligus awas. Alhasil, mandi di pagi hari akan membantu merangsang kreativitas.
"[Saat mandi di pagi hari] kemampuan kognitif akan mengalami relaksasi, memperbarui, dan meregenerasi. Hal ini kemudian memantik ide dan solusi tanpa dipaksa," ujar dr. Carson, dikutip dari NZ Herald.
Sementara mandi di malam hari membantu menyesuaikan temperatur tubuh. Ketika ini terjadi, tubuh menjadi tenang dan mudah mengantuk.
Dermatolog asal New York dr. Derek Chan menyarankan setiap orang untuk memerhatikan suhu air saat mandi. "Mandi menggunakan air bersuhu panas memang bisa membuat tubuh merasa lebih nyaman. Sayangnya, ini tidak baik untuk kulit. Lebih aman untuk mandi dengan air bersuhu hangat," ujarnya.
Jadi, bagi Anda yang merasa butuh relaksasi dari stres serta istirahat nyaman, jangan lupakan ritual mandi dengan air hangat, ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar